Teleportasi Quantum ? Adakah ? Seberapa Penting?

00.19 |



Mungkin kita sering bertanya tanya tentang teknologi teleportasi, teknik pemindahan objek dengan sangat cepat, bahkan mungkin menyamai kecepatan cahaya. Nah kita sadar, teknologi berkembang dengan sangat cepat, dan tidak menutup kemungkinan untuk melakukan hal tersebut. Teknologi Teleportasi quantum, dalam merevolusi telekomunikasi dan melahirkan era baru komputasi, sebuah tim gabungan ilmuwan dariAustralia dan Jepang berhasil melakukan uji dimana transfer informasi teleport ke titik yang berbeda tanpa mengakibatkan hilangnya objek ataupun mengalami degradasi. Ini hanya langkah pertama dari sekian banyak ujicoba, tetapi jika semuanya berjalan dengan baik, mereka berharap suatu saat nanti , teleportasi kuantum diterapkan ke industri modern hingga bisa mengubah dunia, meperpendek jarak dan waktu. 

Teleportasi Quantum  

Profesor Elanor Huntington di Sekolah Teknik dan Teknologi Informasi di kampus UNSW Canberra di Akademi Angkatan Pertahanan Australia (ADFA), merupakan bagian dari sebuah tim yang dipimpin oleh University of Tokyo. Dia mengatakan prestasi tim adalah langkah untuk membangun sebuah komputer kuantum super-kuat dan transmisi informasi kuantum.

Di bawah ini adalah potongan percakapan yang diucapkan yang dikutip dari Profesor Elanor Huntington tentang bagaimana dan seberapa menarik teleportasi kuantum:  
Salah satu batasan komunikasi kuantum kecepatan tinggi saat ini adalah bahwa beberapa detail objek dapat hilang selama proses teleportasi. Ini adalah seperti film Star Trek setara dengan berseri-seri awak ke planet dan kehilangan organ mereka atau finish di tempat yang salah. Kita bicara tentang informasi tetapi prinsipnya sama - hal itu memungkinkan kita untuk menjamin integritas transmisi yang terjadi, tanpa hilangnya objek yang melakukan teleposrtasi. 
Hampir semua teknologi kuantum bergantung pada teleportasi kuantum. Nilai penemuan ini adalah bahwa hal itu memungkinkan kita, untuk pertama kalinya, dengan cepat dan andal memindahkan informasi kuantum. Informasi ini dapat dibawa oleh cahaya, dan merupakan cara ampuh untuk mewakili dan memproses informasi. Usaha-usaha sebelumnya untuk mengirimkan entah sangat lambat atau informasi yang mungkin berubah. Proses ini berarti kita akan dapat memindahkan blok informasi kuantum di dalam komputer atau melalui jaringan, seperti kita lakukan sekarang dengan teknologi komputer yang ada. 
Jika kita dapat melakukan ini, kita bisa melakukan hampir semua bentuk komunikasi yang dibutuhkan untuk setiap teknologi kuantum. 

Percobaan ini dilakukan pada mesin yang dikenal sebagai "teleporter" di laboratorium Profesor Akira Furusawa di Departemen Fisika Terapan di Universitas Tokyo.

Profesor Huntington, yang memimpin program penelitian untuk Pusat Komputasi Quantum dan Komunikasi, yang dikembangkan nya adalah pada bagian komunikasi berkecepatan tinggi "teleporter" di kampus UNSW Canberradengan salah satu mahasiswa PhD nya, James Webb.

0 komentar:

Posting Komentar